Friday, June 14, 2013

Khamenei: Persetan dengan Kalian (AS)!

TEHERAN - Pemimpin tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei melontarkan ucapan keras terhadap kritik dari Amerika Serikat (AS) terhadap pelaksanaan pemilu di Iran. Sebelumnya AS menegaskan tidak akan menerima hasil Pemilu Iran yang berlangsung hari ini.

"Baru-baru ini saya mendengar pejabat AS yang menyatakan, pemerintahannya tidak akan menerima hasil pemilu ini. Ok, persetan dengan kalian (AS)!" ujar Khamenei, seperti dikutip Associated Press, Jumat (14/6/2013).

Ucapan Khamenei itu dilontarkannya setelah memberikan suaranya dalam pemilu yang dimulai pagi waktu setempat. Menurut Khamenei, bila Iran harus menunggu persetujuan Amerika tentang pemilu tentunya akan menjadi sebuah kontroversi.

Khamenei sebelumnya berulangkali mendorong warga untuk hadir dalam pemungutan suara. Dorongan itu dilakukan untuk memberikan bukti kepada pemerintahan barat yang selama ini pemilu di Negeri Paramullah dianggap tidak terbuka.

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Jen Psaki mengatakan, pemerintahan AS menilai pemilu di Iran akan transparan. Namun, hal itu tidak mencegah rakyat Iran untuk memberikan suaranya.

Pemilu Iran digelar untuk mencari pengganti Mahmoud Ahmadinejad yang masa jabatannya sudah habis. Ada enam kandidat yang bertarung memperebutkan kursi presiden Iran.

Beberapa kandidat Presiden Iran yang bertarung dalam pemilu itu merupakan politisi-politisi senior. Mereka adalah penasihat urusan luar negeri pemimpin tertinggi Iran, Ali Akbar Velayati, Wali Kota Teheran Mohammad Baqer Qalibaf, Pemimpin Negosiator Nuklir Iran Saeed Jalili, mantan Sekretaris Jendral Dewan Keamanan Nasional Hassan Rowhani, mantan komandan militer Mohsen Rezaee, dan Insinyur Mohammad Gharazi.

Warga Iran di Indonesia pun tidak mau ketinggalan, menggunakan hak suaranya untuk memilih pengganti Presiden Mahmoud Ahmadinejad. Kantor Kedutaan Besar Iran di Jakarta membuka tempat pemilihan sejak pukul 08.00 WIB. Waktu pemilihan dibuka hingga pukul 18.00 WIB.

No comments:

Post a Comment